Rabu, 13 Februari 2013

Saya Mengerjakan Ujian dengan Jujur

Kalo yang udah melewati masa-masa ujian pake LJK, pasti nggak asing dengan kalimat ini. Dulu pas jaman saya masih temenan sama LJK, kayanya baik-baik aja, tetep aja saya salin dengan rapi dan indah. Begitu pula dengan teman-teman saya, ya walaupun udah capek duluan ngitemin nama, nomor, tanggal lahir, dll tetep aja dikerjain. 

Sempet sih mikir, gimana ya buat orang yang nyontek, dosanya makin nambah kali ya membuat pernyataan bohong, yang sabar ya *pukpuk. 

Baidewei, hari Senin kemarin ketika saya ngawas tryout SMP, ada kejadian yang seru. Anak-anaknya pas ngisi LJK udah capek ngebuletin data-datanya, jadinya tulisan ini terbengkalai. Terus terus pas lagi muter liat LKJ anak-anak, ternyata ada 2 anak yang "ajaib", anak pertama cuma menulis "JUJUR", dan anak kedua cuma nulis "     ll     " maksudnya idem. 

Menurut kalian, apakah pas anak ini dibilangin langsung diganti dengan benar?

ANAK 1: "Jujur
ANAK 2: "     ll     "

Saya ngasih tau mereka.

ANAK 1: "Saya jujur"
ANAK 2: "Insya Allah saya jujur"

Saya kasih tau (lagi).

ANAK 1: "Saya jujur ujian"
ANAK 2: "Setuju deh sama kamu"

Saya kasih tau (lagi (lagi)).

ANAK 1: "Saya ujian dgn jujur"
ANAK 2: "Saya mengerjakan dengan jujur"

Saya kasih tau (lagi (lagi (lagi))).

ANAK 1: "Saya mengerjakan ujian dgn jujur"
ANAK 2: "Saya mengerjakan ujian dengan jujur"

Temen-temennya pada ikutan ketawa dengan kelakuan mereka. Seru sih, tapi lumayan capek, hahaha.
"Ini kan ga kescan juga kak"
"Nanti kalo UAN, LJK kamu ga discan gara-gara nggak nulis ini gimana?"
"Kalo UAN emang ada giniannya juga?"
"Pas saya UAN dulu sih kayanya ada" (nakut-nakutin)
Anak 1 terlihat mukanya jadi agak takut.

7 komentar:

  1. anak 1 pasti polos
    anak 2 udah terkontaminasi #hammer

    BalasHapus
  2. jaga to anak smp emang bikin capek hati kak, mesti sabaaaar banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi lebih seru yang begini Al, kemaren dapet yang diem.
      Jadi merasa hampa

      Hapus
  3. Namanya anak2, selalu ada2 aja ya kelakuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga masih anak-anak *malu-malu

      Hapus
  4. Namanya anak2, selalu ada2 aja ya kelakuannya...

    BalasHapus