Selasa, 10 April 2018

Pisang untuk MPASI Perdana

Udah lama banget nggak nulis blog, tapi jadi pengen nulis lagi berbagi pengetahuan dan pengalaman sedikit dari yang saya alami dan sekitar saya alami. Kebetulan banget beberapa hari yang lalu di ruang laktasi pas lagi mompa bersama busui-busui lain di kantor emang ngebahas ini. Iya, tentang satu buah yang relatif aman buat MPASI perdana, yaitu pisang. Ya nggak cuma pisang sih sebenernya, tapi kali ini saya mengkhususkan bahas buah satu ini aja yaa.


Jadi pas Alif umur 4 bulan menjelang 5 bulan, saya udah mulai nyari-nyari info mengenai MPASI. Mulai dari beli buku-buku resep MPASI lah, gugling dan baca-baca blog buibu yang berkaitan dengan MPASI sampe nanya-nanya ke ibu-ibu yang udah melewati fase itu. Sampai pada suatu hari, saya memutuskan yaudah deh beli pisang aja buat makanan perdananya Alif (disuruh sama orangtua saya juga sih).




Begini nih buibu, pas awal mula bayi mulai makan, kita mesti waspada ya, karena tubuh bayi kan masih rentan dan pencernaannya belum seoke kita sekarang kan, jadi pisang ini cocok banget buat bayi karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis (apalagi kan bayi udah terbiasa minum asi yang rasanya relatif manis). Terus kandungan dari pisang ini lengkap loh ternyata, pas banget buat bayi yang butuh energi tambahan (ya, karena ASI aja nggak cukup), umur 6 bulan kan udah mulai rusuh tuh yaa.



Selain itu pisang itu pas banget buat mengatasi sembelit. Bagi anak ASI rata-rata pernah ya mengalami sembelit (anakku pun begitu, paling lama 3 hari. dan kata dokter anakku yg pasien sebelumnya itu sembelitnya sampe 10 hari loh), dan ternyata emang bayi ASI gapapa sembelit. Cumaaaa hal ini bukan hal yang lumrah kalo bayi udah mulai makan. Kalo udah mulai makan, diusahakan setiap hari mesti buang air besar loh ternyata. Dan alhamdulillah pas dicoba ke Alif, memang dia lancar aja buang air besarnya. Hmmmm tapi kalo cerita dari ibu-ibu lain, ternyata ada loh yang anaknya sampe sembelit, dan pas pup ngedennya susah banget sampe berdarah (duuuh ngeri bayanginnya). Oke ini ceritanya lain. Saya akan ngasih tips yaaa cara milih pisang buat MPASI. Iya, soalnya nggak semua pisang bagus buat MPASI loh.





Tingkat kematangan pisang ini ternyata merupakan faktor yang berkaitan erat sama masalah pencernaan. Jadi semakin mateng pisang, semakin lancar deh tuh. Berarti pertama liat warna yaa, makin kuning makin oke. Eh tapi cara milih pisang nggak cuma diliat dari warnanya aja loh buibu. Kalo kita ke supermarket pas lagi musim mangga nih ya, kan suka ada tuh mangga dengan berbagai harga walaupun jenisnya sama. Terus biasanya mangga mateng pohon harganya jauh lebih mahal dari yang biasa (yang mesti jeli banget milihnya, udah gitu mesti diperem dulu deh tuh sebelum dimakan). Gitu juga sama pisang, ternyata ga semua pisang yang dijual itu mateng pohon loh, jadi ada pisang yang walaupun udah kuning tapi dia pisang yang diperem. Nah pisang yang kaya gini nih yang bikin semebelit. Pisang-pisang ini dipanen sebelum waktunya, ya karena jual pisang mateng pohon emang resikonya gede (pas nyampe supermarket udah benyek duluan dan warnanya ga cantik lagi).



Jadi lebih aman beli pisang di abang-abang pinggir jalan atau yang lewat gitu (alhamdulillah sih kalo di sekitar rumah saya masih ada, masih banyak kebon soalnya). Pilih pisang yang kenceng, sudut-sudutnya tumpul. Insya Allah aman deh, apalagi pas sebelum makannya si adek bayi diajarin baca doa dulu. Oke deh buibu, semoga sukses milih pisangnya dan lancar MPASI-nya yaaa, saya mo cus kerja lagi nih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar