Rabu, 13 Juni 2018

Alif dan Televisi

Saya tentu bukan ibu yang sempurna. Maunya sih yaaa nemenin anak main kesana kemari, dibiarin main bersama alam tanpa terpapar gadget. Tapi apa daya, saya masih jadi wanita karir, selama saya di kantor yaa Alif masih kadang-kadang nonton sama mbaknya. Alhamdulillah banget Alif dapet mbak yang mau ngajak ngobrol mulu, jadi walaupun Alif nonton tv, masih ada lah yaa interaksinya, jadi nggak bener-bener jadi pendengar pasif aja.

Beneran deh, awalnya saya dan suami sudah sepakat mengurangi waktu nonton tv. Kami bersyukur banget pas di rumah kami sinyalnya jelek, jadi kalo nyalain tv yaa yang keliatan cuma semut berbaris aja, hehehehe. Tapi kok ya kasian sama mbaknya nggak punya hiburan. Yaudah akhirnya kami ganti deh antena tvnya, lumayan tuuuh masih ada beberapa saluran yang bisa ditonton.



Lama-kelamaan kok ya saya waswas, di umur Alif yang udah setahun ini kok yaa masih kurang "cerewet" yaaa. Dan saya baca-baca artikel, ternyata kebanyakan nonton tv tuh berpengaruh sama kemampuan berbicara anak. Nah looooh! Makin parno deh yaaa. Mau ngelarang mbaknya nonton kok ya nggak enak, dia pasti capek berberes sambil ngangon Alif. Jadi kasian kan ya kalo nggak bisa nonton (yang merupakan satu-satunya hiburan buat dia).

Ehhh, nggak begitu lama, pas kebetulan kami pulang dari nginep di rumah orangtua, kok ya tv di rumah malah nggak bisa dinyalain dong. Dalem hati, YES!!!! Hore Alif nggak nonton tv. Tapi tetep merasa bersalah, nanti mbaknya gimana ya. Hmmm dicoba dulu deh ya.

Sehari tanpa tv, aman. Dua hari tanpa tv, aman juga. Hari ketiga, eyangnya Alif au kalo tv di rumah rusak, berniat mau ngirimin tv yang di rumahnya. Tidaaaakkk!! langsung kutolak dengan halus. Kenapa? Soalnya ternyata oh ternyata, dari yang kurasakan, beneran deh Alif jadi ada peningkatan dalam bicara. Jadi lebih cerewet, dan mulai bisa ngasih isyarat dia ma apa. Ah, ibu terharuuuu. Anakku semakin dewasa!!!

Dan sekarang udah masuk sebulan kali yaa hidup tanpa tv (di rumah aja sih--kalo di rumah eyangnya, masih suka nonton tv), kemampuan bicara Alif makin bikin orangtuanya terharuuuu. Sekarang Alif udah bisa manggil "bu, bapak, mbak, eyang, om, mbah, bang" dan beberapa kata-kata ssederhana, seperti aiy (air), an (ikan), coco (susu), bo (bola).

Nah yang kaya gini nih yang bikin ibu bapaknya jadi males beli tv lagi. Ya kalo kangen soundtrack lagunya pororo, atau liat lagunya upin ipin bisa nonton dari hp aja (tetap dengan pengawasan dong tentunya). Apalagi ibunya sekarang udah nggak ngikutin sinetron maupun pilem Bollywood kan. Bapaknya? Apalagiiii boro-boro deh. Nonton bola aja cuma liat highlightnya doang, atau liat skor dari hp aja. Alhamdulillah yaaa, jadi uang buat beli tv barunya bisa dialokasikan buat ibu upgrade hp dong yaaa (ngarep banget sih bu). Hohoho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar