Selasa, 28 November 2017

Bayi dan Popok


Pas hamil Khalif, sempet buka-buka blog ibu-ibu yang bahas mengenai perlengkapan bayi buat persiapan kelahiran anak pertama. Dari yang saya baca-baca maupun ngikutin arahan dari eyangnya Khalif ada nih yang lumayan bikin bingung, "Mau pake popok kain atau popok sekali pakai (pospak)?"

Kalo nanya teman-teman saya tentu pada pake pospak lah yaaa. Tapi eyangnya Khalif ngarahin saya biar Khalif pake popok kain. Khalif punya 4 lusin popok kain (sebelum masa peperangan batin itu dimulai). Saya sama sekali nggak nyiapin pospak.

Sewaktu Khalif lahir, ternyata di rumah sakit itu makenya pospak dong. Akhirnya suami saya beli dulu deh pospak di rumah sakit, karena kata perawatnya pospak itu mesti diganti tiap 3 jam. Sampe Khalif pulang ke rumah eyangnya pun, Khalif masih pake pospak. Dan waktu eyangnya liat pantatnya Khalif merah-merah, eyangnya Khalif pun murka. Drama perpopokan pun dimulaaaaaai.



Sejak saat itu Khalif mulai pake popok kain yang bertali. Bagi ibu muda yang baru pertama kali ngurus bayi tanpa bantuan babysitter, pilihan memakaikan bayi dengan popok kain itu luar biasa effort-nya. Bayangin aja cucian popok dalam sehari itu sampe 25-26 popok (sengaja saya hitungin, karena penasaran kok ngucek mulu). Belom lagi kejar-kejaran sama nyuci popok yang baru diganti eh adek bayi udah pup/pipis lagi (selama bayi terjaga, ibunya ga bisa leha-leha ya sis ternyata). Dan 4 lusin itu kurang loh saudara-saudara, jadi mesti kejar tayang tiap hari begitu popoknya kering langsung disetrika.
Capek? Lumayaaan, tapi nggak sebanding senengnya pas tau Khalif umur 4 bulan udah bisa ngasih tau kalo mau pipis, Khalif umur 9 bulan udah bisa merangkak ke kamar mandi kalo mau pipis. Sekarang kalo doi nggak kuat paling cuma merengek minta digendong, hahaha.
Karena tiap hari mantengin popoknya basah apa nggak, dan gimana doi ngompol, akhirnya saya jadi tau gimana ciri-cirinya Khalif kalo mau pipis/pup, polanya mulai kelihatan. Dan saya coba deh tuh ajak ke kamar mandi, awalnya digendong aja, sambil kakinya diangkat, terus pas udah 6 bulan udah bisa duduk sendiri baru deh dicoba didudukin di closet duduk, biar nggak takut nyungsep saya coba pake soft potty. Ya namanya juga masih sama-sama belajar, ga semulus yang dibayangkan lah ya, kadang anaknya rewel, sampe nangis-nangis pas didudukin, pernah juga belom sampe tujuan eh udah ngucur duluan pipisnya, dan malah pernah ga keluar-keluar walaupun udah ditungguin diajak main (ya kalo kaya gitu, biasanya saya kasih waktu berapa lama, tapi kalo anaknya ga mau juga yaudah dibawa keluar lagi).
Khalif  memang udah bisa pipis di kamar mandi, tapi bukan berarti udah beres loh ya nggak ngompolan lagi. Masih kok, kadang masih suka kecolongan, dia asik main sampe tiba-tiba udah ada genangan air di lantai. Tapi kalo pup sih kayanya Alhamdulillah belom pernah sih berceceran di lantai, paling nempel dikit di celananya (keliatan banget soalnya kalo lagi ngeden, langsung dibawa ke kamar mandi).
Memang sih susah di awal (banget), sampe ada teman saya yang nanya kok mau sih menyusahkan diri sendiri. Tapi apa pun yang kita lakukan untuk buah hati kita pasti terbayarkan kok. Sekarang cucian mulai berkurang, anaknya mau-mau aja potty training di usia dini, dan tentu saja menghemat pengeluaran beli popok dooong. hahahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar