Senin, 12 November 2012

Air Asin

Tadi siang saya dan Kiki mendapat panggilan interview dari sebuah perusahaan kontraktor di daerah Kemayoran. Pas kita selesai, pas banget udah dzuhur. Terus kita bertanya ke receptionist dan security di sana, dimana musholla-nya. 
"Mbak, kalo Musholla ada dimana ya?"
"Ada di atas Mbak, di lantai 3", jawab Pak Security tapi agak ragu.
Kemudian ia meneruskan, "tapi di sini airnya asin Mbak"
"Iya mbak asin airnya. Kalo wudhu biasanya pake air aq*a", Mbak receptionist menambahkan.
Saya dan Kiki liat-liatan, dan kemudian memutuskan yaudah sholat di tempat lain aja dulu ya. Ga tau juga airnya bersih apa nggak.

Tapi sebenernya kalo air laut sendiri itu termasuk ke dalam air suci dan mensucikan loh. 
Dari Abi Hurairah ra bahwa ada seorang bertanya kepada Rasulullah SAW, `Ya Rasulullah, kami mengaruhi lautan dan hanya membawa sedikit air. Kalau kami gunakan untuk berwudhu, pastilah kami kehausan. Bolehkah kami berwudhu dengan air laut?`. Rasulullah SAW menjawab, `(Laut) itu suci airnya dan halal bangkainya. (HR Abu Daud 83, At-Tirmizi 79, Ibnu Majah 386, An-Nasai 59, Malik 1/22).
Walaupun bisa buat wudhu, tapi ternyata serem juga dampaknya kalo air laut udah masuk tanah. Bisa mempengaruhi pelapukan tanah di sekitar pondasi bangunan. Nah loh.

Pas saya liat peta, hmmm ternyata lokasinya udah di Jakarta bagian Utara (yang ungu). Sekitar 2 km dari Ancol *agak ngira-ngira sih :p. Agak jauh sih emang, tapi ternyata jarak segitu udah "berasa" air lautnya, istilah kerennya "Intrusi Air Laut". Sebenernya air laut ini nggak bisa loh masuk jauh ke daratan, karena air tanah tekanannya lebih besar daripada air laut. Tapi tapi tapi, ternyata sekarang keseimbangan antara air tanah dan air laut udah nggak kaya dulu. Maksudnya, coba deh ngaku siapa yang make air bersih ngambil dari tanah? (pompa). *Saya tunjuk jari.

Kalo saya sotoy, pasti saya nyaranin "zero run off" aja, biar nggak makin banyak air tanah yang dipompa. Jadi setiap bangunan bertanggung jawab atas kebutuhan airnya sendiri dan buangannya sendiri. Andai serapannya di tanah banyak, pasti di permukaan nggak bakalan kehabisan air, jadi ga usah mompa-mompa jauuuuh ke dalam tanah. Terus air buangannya sendiri bisa juga diakalin buat dipakai lagi. Pas SD dulu sih pernah diajarin yang pake kerikil-kerikil gitu buat bersihin air.

Hmmm, mungkin untuk bangunan-bangunan besar ada lah yaa yang udah pake cara ini. Tapi kalo untuk tempat tinggal gimana? Apalagi kalo tinggalnya di area super padat penduduk, tiap jengkal lahan bener-bener kepake, ga ada lagi buat serapan. Yap, makanya kan saya bilang saya sotoy, hahaha. Susah emang buat menyelesaikan masalah ini. Apalagi ilmu saya masih jauuuuh, belom nyampe situ.

Mari kita bantu dikit-dikit yuk, biar ga makin parah. Pertama-tama, mari kita berdoa. Terus kalo bisa hemat air ya buat yang masih pake pompa di rumah. Ga usah mandi sering-sering *ini mah maunya saya, hahaha. 

5 komentar:

  1. Waaaaaaahh.. *manggut-manggut*
    Dapet ilmu baru..
    Jadi tekanan air tanah lebih besar?
    Wah, pelapukan tanah bisa bahaya buat bangunan yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nis, gara-gara massa jenisnya atau apa gitu ya, kemaren baca tapi lupa :p

      iya, nanti pondasinya bisa bergeser, atau bisa juga amblas
      *sotoy :P

      Hapus
    2. (/.\) Awww.. Ngeri ih kalo dengar kerusakan lingkungan kaya begitu T.T

      Hapus
  2. eemm, masih gak ngerti ane kk maya,, :(

    saran lagi,, kalo mau mandi ke sungai aja,, tp sungai di sono bersih kayak dimari gak ya #ngakak

    kata2 terakhir " Ga usah mandi sering-sering *ini mah maunya saya, hahaha." #najis

    BalasHapus
    Balasan
    1. beuuuhh, coba aja search sungai di Jakarta
      kalo berani mandi di sana, hebat lo.
      Hmm, post saya yang foto-foto di Cakung juga kayanya ada contoh sungainya kaya gimana -.-

      kan hemat aer tauu. hahaha

      Hapus