Rabu, 07 November 2012

Jujur Itu Sulit

Tulisan yang terlintas. Jangan diambil hati :p

Materi pembekalan binglas di BTA 8 kayanya makin seru aja, Minggu kemarin pembekalan mengenai ITB, minggu kemarennya lagi yang seru nyenggol akidah, terus abis itu juga dibahas mengenai kejujuran dalam sebuah proses menuntut ilmu. "Hasil adalah bonus, yang penting prosesnya". Waktu itu Kak Ian cerita mengenai anak-anak pengajar di BTA yang menanamkan kejujuran dalam belajar. Walaupun bocoran ada dimana-mana tetep harus kerjain sendiri.

Dan saya jadi ingat pengalaman saya sewaktu SD. Kalo dipikir-pikir, dulu saya lurus banget, nggak mau nyontek, kerjain sendiri, kalo ada yang nanya ya dicuekin (atau pura-pura nggak denger, sok-sok fokus ngerjain sendiri. Ya nggak bagus-bagus banget sih, tapi pas SD peringkat 10 besar terus, Alhamdulillah.

Sewaktu SD, ujiannya itu ada yang tertulis ada juga yang praktek, kaya pelajaran olahraga. Dan waktu itu saya nggak terlalu suka pelajaran olah raga, karena biasanya lari muterin sekolah terus abis itu main kasti. Duh dulu males banget deh yang ikutan main kasti. Tapi kalo SKJ atau atletik gitu saya malah suka. Tapi sayangnya jarang pas materi olahraga malah senam :(. Alhasil nilai-nilai saya dulu pas-pasan, hahaha.

Nah terus pas kelas 6-nya, seperti biasa ada ujian tertulis olahraga, dan praktek. Waktu itu ya karena udah kelas 6, saya pikir harus lebih serius lah belajarnya, apalin ajalah panjang-lebar lapangan, peraturan main basket, sepak bola, dll. Dan ternyataaaa kata gurunya, nilai kami pada jelek. Terus tiba-tiba saya dipanggil menghadap guru olahraga saya. Ya awalnya deg-degan lah, jangan-jangan nilainya paling jelek. Dan saya dikagetkan oleh pertanyaan yang meluncur setelahnya.

"Nilai kamu 10, kamu dapet bocoran soal ya? Kamu kenal sama pembuat soalnya?"

Entah sampai berapa kali saya dipaksa menjawab "Iya", tapi tetap saya menjawab "Tidak". Ya iya lah, ngapain juga ngaku atas tuduhan yang nggak saya lakukan. Sedih sih pas digituin, ya pas inget kejadiannya aja sedih. Tapi entah kekuatan dari mana, ya akhirnya selesai begitu saja, tetap dengan  jawaban "Tidak". 

Kok kok kok gini banget ya. Serba salah deh jadinya, nilai jelek dimarahin, tapi giliran nilai bagus malah dikira dapet bocoran. 

5 komentar: