Rabu, 27 April 2011

Brain-wash Bukan Brain-storming

Belakangan ini tema yang sedang ngetrend untuk diperbincangkan adalah Anang-Ashanty brainwash. Dan hal pertama yang terlintas di pikiran saya ketika mendengar frase tersebut ialah mesin cuci. Saya membayangkan, otak-otak dari kepala manusia dikeluarkan terus dimasukin di mesin cuci, digilas, diputar, dibilas, dan diperas. Hooeekk, :najis ngebayanginnya. Mendingan juga makan otak sapi dan otak ayam *ngawur.

Beberapa hari yang lalu Ibu dan Ayah saya berpesan, "makanya May, jangan ngobrol sama orang yang dikenal". Dari pesan ini tersirat kalo saya suka ngobrol sama orang yang nggak dikenal. Ya kadang-kadang emang gitu sih, semuanya diajak ngobrol, orang yang sebelahan di kereta, orang yang duduk di halte, abang-abang gorengan yang mangkal, kadang-kadang tukang pecel keliling juga saya ajak ngobrol. 


Lalu saya bertanya ke ibu saya, "Terus kalo ada yang nanya gimana? Bukannya wajib jawab ya?". 

Ibu saya menjawab, "Ya dijawab, tapi jangan lebih dari 10 kata. Terus kalo diajak ngobrol lagi, kamu sok-sok sibuk aja. Bilang,'maaf pak/bu saya sedang sibuk' sambil baca buku. Kalo nggak langsung pergi aja, bilang lagi buru-buru." 

Itu tips dari ibu saya. Tapi belom pernah saya praktekkan, orang saya di rumah mulu nih kerjaannya. Begitu pergi nggak ada yang ngajak ngobrol.

Selama ini saya merasa aman ketika saya membawa cutter kemana-mana. Apalagi saya juga sering membawa refill cutter-nya juga. Ya buat jaga-jaga kalo pisau cutter-nya sudah tidak tajam lagi. Lalu saya juga suka membawa gunting kuku, kalo ini buat mengisi waktu luang saya ketika sedang bosan nungguin orang, ngerapihin kuku. Lagian juga potong kuku kan ibadah *eaaa asik banget.

Tapi ternyataaa, setelah saya berkonsultasi dengan @Kuntilanak_Asli di twitter, cutter itu nggak mempan buat kuntilanak. Oke emang nggak nyambung, brainwash sama kuntilanak. Tapi kemungkinan itu tetap ada, bisa aja kuntilanaknya yang nge-brainwash (pendapat yang  kurang waras). 

Beberapa hari yang lalu, saya juga pernah nge-tweet tentang tema ini:

Tapi ternyata tanggapannya:
kurang ajar sekali orang ini.

Dan ada yang lebih songon lagi ternyata:

Kejam ya anak jaman sekarang. Saya pintar dan cerdas begini. Padahal semua isi buku bisa saya apalin (yakaliii). Hiks hiks #mojok #meratapinasib #menggambardenganjaridilantai

Tapi beneran loh, harus hati-hati sama yang namanya brainwash itu. Kalo saya baca di kaskus ini tipikal orang yang mudah di-cuci-otak-nya.

1. Faktor psikis yang labil
Misalnya memiliki rasa negatif, bingung atau ragu dengan identitas dirinya sendiri.

2. Psikologis yang sombong
Tidak hanya orang yang psikisnya labil yang mudah dicuci otak, orang yang percaya dirinya berlebihan alias kesombongan psikologis juga bisa dengan mudah dipengaruhi.
Misalnya orang-orang yang egois dan bangga bahwa apapun yang ia percaya secara otomatis adalah benar, namun tidak didukung dengan pengetahuan yang luas dan mendasar.

3. Orang yang mengalami tekanan fisik dan mental
Hal ini karena kondisi tersebut membuat orang menjadi kelelahan, tidak berdaya, hingga akhirnya mengurangi kemampuan berpikir dan menolak pengaruh baru yang diberikan.

Huwooo, untung saya sekarang sudah tidak labil lagi, tapi saya juga tidak stabil (sudah tua labil). Kalo yang point nomor 2, saya kan rendah hati, aman lah yaaa. Terus lanjut ke nomor 3, insya Allah saat ini tekanan saya cuma skripsi doang, doakan lancar deh ya, biar saya juga aman dari brainwash :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar