Selasa, 26 April 2011

Mie Ayam

Kemarin sore, saya benar-benar ngidam mie ayam kaya Kiki ngidam ketoprak. Bedanya adalah kalo Kiki kesampean, dan saya tidak. Kalo mencari kambing hitam kenapa saya nggak jadi makan mie ayam, yaa gara-gara hujan. Ketika saya pulang mulai gerimis, tukang mie ayam masih berada di dekat rumah saya. Tadinya saya mau sholat dulu, kemudian beli mie ayam. Setelah sholat, ternyata hujan semakin deras. Deres banget, airnya turun keroyokan, saya jadi nggak berani keluar rumah takut benjol. Begitu hujan agak reda, saya keluar mencari tukang mie ayam. Ternyata saya hanya menemukan gerobaknya doang, tanpa pemiliknya. Entah kemana abang tukang mie ayamnya. Apa mungkin beliau sedang menangkap ayam lagi atau sedang menanam sawi, akhirnya saya kembali ke rumah. Saya dan ayah saya berpikir, 'nanti juga lewat kok tukang mie ayamnya'. Yang ditunggu tidak muncul juga. Kemudian gantian ayah saya yang keluar rumah. Begitu tiba di rumah lagi, ayah saya melapor, "May, tadi kan cuma ada gerobaknya, abangnya nggak ada. Kalo sekarang dua-duanya nggak ada". Nggak rejeki!


Jadi ingat beberapa hari yang lalu, tepatnya saat ke perpusnas saya dan Bebek makan mie ayam. Eh bukan deng, Bebek yang makan mie ayam, kalo saya makan mie yamin. Ternyata penjualnya super duper gaul. Sapaannya adalah "Madam". Pas tau beliau dipanggil demikian, saya dan Bebek langsung liat-liatan, pandangan penuh makna, kita takjub dengan kegaulan ibu-ibu mie ayam tersebut. Yang nyapa bukan hanya ibu-ibu yang lewat, namun juga anak SMA. Untuk ukuran wanita seumuran beliau dan profesi beliau, bisa dibilang Madam emang paling modis. Perpaduan blus merah dengan legging hitam, serta make up full. Menginspirasi, kalo masak juga harus tetep jaga penampilan.

Sewaktu saya SMA, saya dan teman-teman saya gemar sekali bakmi tanjakan, mie ayamnya enak. Bahkan ternyata sampe ada di foursquare. Sampe-sampe pas di Bulan Ramadhan, orang-orang lagi puasa, saya dan beberapa teman saya yang bolos puasa mau makan di sana, tapi ternyata tutup (ya iya laaah, orang pada lagi puasa). Terus akhirnya kita selingkuh (baca: ke tempat mie ayam yang lain), dan super kecewa, banyakan daun bawangnya daripada ayamnya. Akhirnya kita minta 1 mangkok lagi, buat misahin daun bawangnya. Lamaan misahin daun bawangnya daripada makannya deh kalo nggak salah, saking abangnya seneng bagi-bagi daun bawang. Kalo orang-orang bagi-bagi sembako, ini abangnya bagi-bagi daun bawang. Mungkin setiap orang dapet satu iket daun bawang. Andai dikasih sampe akarnya, langsung saya tanem di rumah deh pasti.

Kalo pas saya masih muda (baca: SD) saya sukanya mie ayam yang gerobak, entah lewat rumah, maupun mangkal. Sekali mesen langsung 2 mangkok. Walaupun makannya banyak, tapi tetep langsing, hahaha. Naga-naga di perut saya ikutan makan juga. Kalo sekarang mah 1 mangkok aja deh, biar bisa makan yang lain juga.  Masa mie mie mie mieeeee terus, yang lain dong! *iklan

Oke, intinya saya sekarang masih mau mie ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar